Resep: Manisan Kolang Kaling Sederhana

Manisan Kolang Kaling.

Manisan Kolang Kaling Kamu dapat membuat Manisan Kolang Kaling using 8 bahan and 6 langkah. Disini Menunjukkan memasak tersebut.

Bahan - Bahan Manisan Kolang Kaling

  1. Kamu Butuh 1 kg kolang kaling.
  2. Siapkan 250 gr gula pasir (sy pakai 2 sdm gula pasir).
  3. Kamu Butuh 4 lbr daun pandan, ikat simpul.
  4. Kamu Butuh 10 lbr daun jeruk, buang tulangnya.
  5. Kamu Butuh Sejumput garam.
  6. Kamu Butuh Secukupnya air beras (untuk rendaman).
  7. Cukup 200 ml air.
  8. Siapkan Secukupnya pewarna merah cabe(sy pakai 200ml sirup marjanmerah).

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

  1. Cuci bersih kolang-kaling di air yang mengalir. Rendam kolang kaling dengan air beras. (Gunakan air beras bilasan pertama agar di dapatkan air beras yang putih pekat.) Rendam selama 5 jam. Semalaman jg tidak apa2. Tujuannya adalah supaya kolang-kaling tidak berbau asam dan tidak berlendir..
  2. Setelah di rendam selama 5 jam (sy semalaman), cuci bersih dan tiriskan..
  3. Masak air hingga mendidih. Masukkan kolang-kaling.(ini bukan air yg 200 ml ya, yg lainnya). Masak sekitar 5 - 10 menit. Buang air rebusan..
  4. Rebus lagi dg 200 ml air + 200 ml sirup marjan merah + 2 sdm gula pasir, garam, daun jeruk dan dan daun pandan setelah mendidih masukan kolang kaling, aduk rata masak hingga airnya agak surut (sesuai selera)dan angkat..
  5. Biarkan manisan kolang kaling dingin dengan suhu ruangan. (bisa langsung dinikmati ya, karena dinikmati hangat2 jg enaak), Lalu masukan ke dalam toples dan simpan di lemari es semalaman. Manisan kolang kaling dinikmati dingin lebih nikmat..
  6. Note : * ini langkah ke 4 dari resep aslinya mbak "@Sari Utami Kimdonghwa" *Pertama saya buat untuk yang warna hijau. Didihkan 250 ml air + 2 lbr daun pandan + 5 daun jeruk + garam + pewarna hijau. Setelah mendidih masukan 500 gr kolang kaling, aduk rata masak hingga airnya agak surut. Masukan 125 gr gula pasir, aduk rata masak sambil diaduk" hingga airnya surut dan angkat. Masak sekali lagi sisa bahannya dengan cara yang sama untuk membuat yang warna merahnya..