Resep: Manisan Kolang Kaling Mantap

Manisan Kolang Kaling.

Manisan Kolang Kaling Kamu dapat membuat Manisan Kolang Kaling using 11 bahan and 6 langkah. Disini Menunjukkan menyiapkan tersebut.

Bahan - Bahan Manisan Kolang Kaling

  1. Kamu Butuh 1 kg kolang kaling.
  2. Siapkan 200 gr gula merah, iris2.
  3. Kamu Butuh 2 sdm gula pasir.
  4. Kamu Butuh 300 ml air.
  5. Kamu Butuh 4 lbr daun pandan, ikat simpul.
  6. Cukup 10 lbr daun jeruk, buang tulangnya.
  7. Kamu Butuh 7 cm kayu manis.
  8. Kamu Butuh 2 cm jahe, geprek.
  9. Siapkan 1/2 sdt adas manis (optional).
  10. Kamu Butuh Sejumput garam.
  11. Siapkan Secukupnya air beras (untuk rendaman).

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

  1. Cuci bersih kolang-kaling di air yang mengalir. Rendam kolang kaling dengan air beras. (Gunakan air beras bilasan pertama agar di dapatkan air beras yang putih pekat.) Rendam selama 5 jam. Semalaman jg tidak apa2. Tujuannya adalah supaya kolang-kaling tidak berbau asam dan tidak berlendir..
  2. Setelah di rendam selama 5 jam (sy semalaman), cuci bersih dan tiriskan..
  3. Masak air hingga mendidih. Masukkan kolang-kaling.(ini bukan air yg 300 ml ya, yg lainnya). Masak sekitar 5 - 10 menit. Buang air rebusan..
  4. Rebus 300 ml air 2 sdm gula pasir, gula merah, jahe, kayu manis, adas manis, garam, daun jeruk dan daun pandan sampai mendidih dan gula merah hancur..
  5. Setelah mendidih masukan kolang kaling, aduk rata masak hingga airnya agak surut (sy tambahkan 2 tetes pewarna makanan coklat untk menguatkan warna coklat) aduk rata. Koreksi rasa dan angkat..
  6. Biarkan manisan kolang kaling dingin dengan suhu ruangan. (bisa langsung dinikmati ya, karena dinikmati hangat2 jg enaak)atau masukan ke dalam toples dan simpan di lemari es semalaman. Manisan kolang kaling dinikmati dingin lebih nikmat..